Penyerbuan Penjara, Revolusi Prancis & Perang Besar?

The Storming of Bastille adalah upaya masyarakat Perancis untuk melucuti senjata milik negara demi revolusi. Para anggota dari Three Estates yang kebanyakan berasal dari kalangan masyarakat menyerang Bastille setelah rakyat Prancis menginginkan lebih banyak perwakilan suaranya di Pemerintahan Prancis.

Penyerbuan Bastille terjadi di tahun 1789 dan mesupakan salah satu konflik pertama di insiden Revolusi Perancis.⁣ Bastille yang dulunya merupakan benteng dan Penjara, juga digunakan sebagai depot amunisi oleh Perancis.

Bernard-René de Launay yang merupakan pemimpin di Bastille diminta untuk menyerah dan memberikan semua senjata di Bastille oleh para rakyat. Namun karena de Launay menolak rakyat masuk dengan brutal dan membanjiri Bastille.

Pasukan Prancis kewalahan menangani 1000 rakyat yang masuk membabi buta. Meskipun berhasil membunuh 100 orang, pada akhirnya de Launay menyerah & dibunuh oleh rakyat.⁣Sebagai salah satu insiden pertama, penyerbuan Bastille merupakan tonggak sejarah yang tidak bisa dilupakan dari revolusi Prancis.

anpa kesuksessan Penyerbuan ini, rakyat Prancis tidak akan memiliki senjata untuk berevolusi. Penyerbuan Bastille juga merupakan bukti bahwa kekuatan rakyat bukanlah hal yang yang bisa dianggap remeh karena bisa membawa bencana bagi pemerintahan. 

Kelak dengan persenjataan seperti musket & pedang, pemimpin Prancis saat itu Kaisar Lousi XVI berhasil ditangkap & dieksekusi dengan memakai guillotine.⁣

Menurutmu apa arti Penyerbuan Bastille? Mengapa event ini begitu dirayakan Prancis? Apa kaitannya bagi Sejarah Dunia? & Indonesia?

Leave a Reply

%d bloggers like this: