Simbol Kebangkitan Jepang

Tulisan ini ditulis oleh Akmal Siddiq, di edit Inspect History

Setelah Perang Dunia ke-2 usai, negara-negara blok poros mengalami kekalahan yang membuat negaranya dilanda krisis sangat buruk. Krisis ini terjadi cukup Panjang & berlarut-larut. Jika kita fikirkan perlu waktu yang cukup lama bagi negara blok poros untuk mengembalikan kondisi negaranya ke kondisi sedia kala. namun hal ini tidak berlaku bagi jepang. 

Jepang yang mengalami kekalahan dalam perang dunia ke-2 dengan waktu yang singkat menjelma menjadi negara besar yang terkenal dalam segi teknologi. mengapa bisa demikian, hal ini dimulai Ketika jepang membuat terobosan baru dalam infrastruktur negara mereka yaitu dengan membuat kereta peluru atau yang lebih kita kenal dengan sebutan shinkansen.

Disaat negara lain meninggalkan kereta dan beralih menciptakan transportasi lain,  jepang pada saat itu melakukan inovasi dalam dunia perkeretaannya yang tanpa disangka inovasi tersebut justru yang kelak membawa dampak yang sangat besar bagi kebangkitannya

Advertisements

Shinkansen bukan hanya sekedar infrastruktur belaka, namun shinkansen memiliki efek yang sangat besar termasuk dalam etos kerja masyarakat jepang. “ jika kamu punya tujuan jangka Panjang dalam 10 tahun, maka itu semua harus terwujud dalam satu tahun”, kalimat tersebut menggambarkan pengaruh dari shinkansen yang memengaruhi etos kerja masyarakat jepang.

Sejak layanan shinkansen dimulai, pendapatan rill penduduk jepang meningkat sangat pesat. Perdana mentri ikeda yang sebelumnya mengumunkan kebijakan bahwa penduduk jepang harus menggandakan pendapatan rill mereka, dan itu dengan mudah dicapai dalam waktu 7 tahun. Waktu tersebut adalah waktu yang cukup singkat bagi sebuah negara yang baru mengalami keklahan dalam perang besar.

Pada olimpiade yang diselenggarakan di jepang tahun 1964, dunia internasional dibuat takjub dengan adanya shinkansen yang mampu menghubungkan kota Tokyo dan Osaka dengan jarak lebih dari 500 KM yang hanya memerlukan waktu yang cukup singkat. Dan selama perjalanan para penumpang disuguhkan pemandangan gunung fuji yang seolah dibelah oleh jalur shinkansen.

Advertisements

Seluruh penjuru dunia yang menyaksikan dan mengalami momen tersebut menyebutkan bahwa shinkansen adalah sebuah keajaiban teknologi dari jepang. Peristiwa tersebut juga secara tidak langsung menandakan  kebangkitan Jepang dari abu kekalahan yang kelam dalam Perang Pasifik kepada komunitas internasional.

Menurut kalian jika negara kita meniru apa yang dilakukan jepang, apakah akan memiliki efek yang sama?

Sumber. Shinkansen From Bullet Train to Symbol of Modern Japan by Christopher Hood.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: